Home » , , » Penyebab Kecelakaan Uje Menurut Beberapa Versi

Penyebab Kecelakaan Uje Menurut Beberapa Versi

Diposkan oleh : Posted on - 20.06 with No comments

Penyebab Kecelakaan Uje

Ustad Jeffry Al Buchori, yang akrab disapa Uje, meninggal dunia karena kecelakaan tunggal pada 26 April 2013 lalu. Motor gede (moge) Kawasaki ER-6n bernomor polisi B 3590 SGQ yang dikendarai Uje menabrak keras pohon palem di kawasan perumahan Pondok Indah Jakarta Selatan. Wafatnya Uje menyisakan duka mendalam bagi keluarga, family, rekan sejawat, serta ummat islam di Indonesia terutama para pendengar dakwah Uje selama ini.
Penyebab Kecelakaan Uje

Setelah kepergiannya, penyebab kecelakaan Uje yang menewaskannya masih menjadi tanda tanya. Ada beberapa kemungkinan penyebab kecelakaan Uje yang muncul dari banyak pendapat mulai dari Kasatlantas Jakarta Selatan, praktisi Road Safety Association (RSA), hingga kerabat dan sahabat-sahabat Uje
1. Tidak dapat mengendalikan kecepatan motor
Salah satu penyebab kecelakaan Uje, menurut Kasatlantas Jakarta Selatan, AKBP Hindarsono, bisa jadi karena almarhum kehilangan kontrol dan tidak dapat menguasai laju kendaraan dengan kecepatan tinggi. Kondisi jalan dini hari yang cenderung lenggang biasanya membuat pengendara memacu kecepatan lebih tinggi. Meski belum pasti, bukan hal yang mustahil bila sewaktu-waktu pengendara kehilangan kontrol dan terjadi kecelakaan tunggal.
2. Kondisi jalan menikung dan licin
Faktor jalanan yang berbelok juga dapat menjadi penyebab kecelakaan Uje lainnya. Kemungkinan kondisi jalan juga licin. Menurut praktisi RSA, Anggono, ketika jalanan licin aka nada celah antara permukaan aspal dan ban. Koefisien gesek akan menjadi lebih kecil sehingga kemungkinan selip lebih besar. Ketika itu sebaiknya kecepatan dikurangi.
3. Kondisi sepeda motor yang tidak prima
Anggono menjelaskan, meskipun kecil kemungkinannya, kondisi sepeda motor yang tidak prima juga dapat menjadi salah satu penyebab kecelakaan Uje. Meskipun menurut pihak kepolisian kondisi motor dalam keadaan baik, bukan tidak mungkin ada akselerasi yang tersendat, lampu yang meredup, atau delay saat pengereman.
4. Kondisi fisik Uje yang tidak fit
Beberawa waktu sebelum hari wafatnya, Uje memang dalam kondisi tidak fit. Adik Uje, Fajar Sidik, menuturkan bahwa Uje sempat beberapa hari sakit. Beberapa jam sebelum kejadian, saat sedang berkumpul bersama untuk ngopi, Fajar pun mengakui bahwa Uje belum sepenuhnya dalam kondisi sehat. Bisa jadi kondisi yang tidak fit ini berefek pada penglihatan, konsentrasi, reaksi, dan keseimbangan hingga menjadi penyebab kecelakaan Uje.
5. Uje meninggal mendadak
Berbeda dengan prediksi-prediksi sebelumnya, sahabat Uje, Lukman Aziz, menduga bahwa penyebab kecelakaan Uje adalah meninggal mendadak. Uje terlebih dahulu meninggal dunia di atas kendaraan sehingga kendaraan tak terkendali dan menabrak pohon. Hal ini diduga dari tak adanya bekas upaya pengereman di TKP sebagai upaya lazim menghindari kecelakaan. Selain itu sebelum pulang Uje lebih dahulu minum kopi sehingga kecil kemungkinan mengantuk. Uje pun diyakini Lukman tidak mengebut karena sadar akan kondisi fisiknya yang belum sepenuhnya bugar.
Apapun penyebab kecelakaan Uje, hanya Tuhan lah yang sepenuhnya mengetahui. Semoga Uje tenang di sisiNya. Aamiin.|dnp
Description: Penyebab Kecelakaan Uje Menurut Beberapa Versi Rating: 4.9 Reviewer: isroi - ItemReviewed: Penyebab Kecelakaan Uje Menurut Beberapa Versi
Info lebih lanjut >>

0 komentar:

Poskan Komentar