Sistem Hukum Indonesia, Sistem Hukum di Indonesia Menganut Campuran Sistem Hukum Dunia

Sistem hukum di Indonesia menganut campuran sistem hukum dunia.

Sistem hukum di IndonesiaRizRoi.blogspot.com - Sistem hukum Indonesia atau sistem hukum di Indonesia sebernarnya menganut campuran sistem hukum dunia. Berdasarkan sumber yang didapat dari wikipedia, ternyata sistem hukum Indonesia saat ini masih menganut campuran antara hukum adat, hukum agama, serta sistem hukum eropa. Hal ini mungkin dapat dimaklumi karena sistem hukum Indonesia menganut sebagian besar hukum peninggalan Belanda. Indonesia yang notabene menjadi daerah atau wilayah "jajahan" Belanda selama berabad-abad tentunya tidak bisa lepas dari sistem hukum yang ditinggalkan Belanda sehingga sistem hukum Indonesia adalah campuran dari sistem hukum agama, hukum adat, dan hukum Eropa yang lebih tepatnya hukum Belanda. Selain itu, Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam juga tidak bisa melepaskan diri begitu saja dari unsur "agama". Oleh karena itu, sistem hukum Indonesia sekarang juga erat kaitannya dengan hukum agama meskipun tak menyerap seutuhnya dari hukum agama tersebut.
Sistem hukum Indonesia

Sedangkan status sebagai negara dengan slogan bhineka tunggal ika juga membuat sistem hukum Indonesia tidak bisa tidak untuk menyerap berbagai hukum adat yang sudah sejak lama ada di masyarakat Indonesia. Bahkan dari pihak Mahkamah Konstitusi atau MK tidak bisa dengan begitu saja memberikan aturan terbaru dalam sistem hukum Indonesia saat ini.
Judul: Sistem Hukum Indonesia, Sistem Hukum di Indonesia Menganut Campuran Sistem Hukum Dunia
Rating: 100% based on 99997 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Rige Isr

Terimakasih atas kunjungan Sobat beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran sobat dapat sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

Posted by: Elena Seravin Update Berita Informasi Online Terbaru, Updated at: 5:56 PM

Ditulis Oleh : Rige Isr Hari: 5:56 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment